Asal mula Sejarah Komputer


Pada sejarah komputer teknologi ini sangat membantu pada kehidupan manusia dalam melaksanakan berbagai pekerjaan sehari hari. Seperti saat misalkan menghadirkan komputer yang sudah tercipta pada beberapa tahun lalu sehingga menciptakan sebuah sejarah komputer yang perlu diketahui.
Pada jaman dulu banyak orang orang berbakat mencari penemuan teknologi  yang berguna sehingga di kembangkan terus menerus sehingga munculnya teknologi baru.

Untuk itu anda pada kesempatan ini akan  mengetahui  sejarah komputer dan perkembangan  sehingga dapat membuka wawasan anda mengenai komputer. Berikut penjelasannya:

Sejarah Komputer

Penemuan Komputer Pertama Kali  oleh charles babbage  yang dikenal oleh seluruh dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali yang telah banyak memberikan karya pada kehidupan manusia hingga sampai sekarang.

Charles babbage dikenal sebagai julukan bapak komputer, dia menggunakan namanya untuk menghargai jasa atas penemuannya terhadap dunia komputer.

Sejarah Komputer Generasi pertama ( 1946-1959)
Sejarah generasi komputer pertama yaitu digital elektronik  yang biasa di sebut dengan ENIAC ( Electronic numerical integrator and calculator). Yang merupakan salah satu yang digunakan sebagai kebutuhan umum.

ENIAC ini sudah di rancang pada tahun 1942, dan baru mulai dikerjakan pada tahun 1943 oleh john presper eckert dan Dr. John W. Mauchly di moore school of electrical engineering ( university of pennsylvania) dan di selesaikan pada tahun 1946.

Pogram ENIAC ini berukurang sangat besar dalam penempatan nantinya. Dalam proses  ini membutuhkan ruang sebesar 500m2. ENIAC memakai 18.000 tabung hampa udara, serta 75.000 relay dan saklar , 10.000 kapasitor dan menggunakan 70.000 resistor. KEtika mulai dioperasikan, ENIAC ini membutuhkan daya listrik juga yang cukup besar yaitu 14 kilowatt. Dengan berat mesin lebih dari 30 ton, dan sangat memakan banyak ruangan sekitar 167 m2.

Perangkat lunak komputer yang pertama kali telah dikembangkan yaitu, komputer sebagai desain pesawat dan peluru kendali. Salah satu ilmuwan yang mengerjakan konsep pengembangan tersebut ialah konrad zusem seorang insinyur berasal dari jerman. Pada pertengahan tahun 1940-an, john Von Neumann (1903-1957) bergabung bersama tim University Of Pennysylvania. Dalam proses membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih diakai dalam teknik dalam merakit komputer.

Sejarah komputer generasi pertama ini memiliki ciri khusus, yaitu instruksi dalam mengoperasikan dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai pogram speerti kode-biner.

Pada komputer generasi pertama ini memiliki ciri ciri tersendiri yaitu:
  • Ukuran fisik hardware komputer lebih besar, memerlukan ruang yang luas.
  • Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
  • Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
  • Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
  • Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
  • Membutuhkan daya listrik yang besar.
  • Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
  • Daya simpannya kecil.
  • Prosesnya kurang cepat.
  • Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
  • Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.
Sejarah Komputer Generasi kedua (1959-1964)
Pada  generasi kedua ini  penemuan barunya adalah transistor. Alat canggih yang mampu memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini sangat mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua dengan cepat. Pada tahun 1959-1960 ilmuwan mulai menggarap komputer generasi kedua.

Diantara intansi,perusahaan,universitas,dan pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer  generasi kedua ini. Maksud dari penemuan komputer generasi kedua ini adalah transistor , yang dimana mampu membuat sejarah komputer generasi kedua berukuran lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. 

komputer generasi kedua telah menggantikan posisi bahasa mesin dengan bahasa assembly. Dan bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan sebagai pengganti kode biner. Pada awal 1960an, mulai bermunculan sejarah komputer generasi yang kedua telah sukses meluncur di bidang bisnis, pada universitas dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini komputer yang sepenuhnya telah menggunakan transistor. Mereka juga mempunyai komponen yang dapat digabungkan dengan komputer pada saat ini seperti printerm penyimpanan dalam disket, memory, system operasi,dan program.

Sejara Komputer pada generasi kedua juga sudah memiliki tempat sistem penyimpanan sendiri. Yaitu, kapasitas memori utama di dapat dari magnetic core storage dan menggunakan bentuk simpanan luar, yang berupa magnetic tape dan magnetic disk. Transistor dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih mudah dan efisien , sebagai switch dan dapat lebih diperkecil ke skala mikroskopik.

Pada komputer generasi kedua ini memiliki ciri ciri tersendiri yaitu:
  • Sudah menggunakan operasi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN.
  • Kapasitas memori utama telah dikembangkan dari  Magnetic Core Storage.
  • Memakai simpanan dari luar yang berupa magnetic tape dan magnetic disk.
  • Kemapuan dalam melakukan proses real-time dan real-sharing.
  • Ukuran fisiknya sudah lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
  • Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
  • Kebutuhan terhadap daya listrik lebih kecil.
  • Orientasinya penggunaan program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah pada aplikasi teknik.
Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Sejarah komputer generasi ketiga ini adalah sebuah perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncil pada era 1964-1970an.

Dalam penggunaan transistor ini menjadikan kinerja komputer lebih panas. Sehingga, membuat komputer generasi kedua mulai ketinggalan. Salah satu seorang ilmuwan bernama jack billy ini , mencoba kembali melakukan penelitian kembali. Pada tahun 1958, telah tercipta komponen yang lebih canggih lagi, dibandingkan dengan transistor yang membuat komputer cepat panas . Penemuan yani IC atau intergrated circuit chip kecil yang mampu mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu.

Pada generasi ketiga Teknologi Integrated circuit (IC) Menjadi salah satu ciri utama. Karena mulai familiar dan banyak digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga genarasi sekarang. Ic pertama kali di buat oleh seorang bernama texas instriments dan fairchild semiconductor pada tahun 1959 yang berisi hanya enak transistor saja. bisa kita coba bandingkan dengan prosessor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor.

Pada komputer generasi ketigas memiliki ciri-ciri tersendiri yaitu:

  • Penggunaan listrik lebih hemat.
  • Peningkatan dari sisi sofware.
  • Harganya semakin murah.
  • Kapasitas memory lebih besar, dan dapat meyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu)
  • Karena telah menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih tepat dan cepat.
  • Kecepatan hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  • Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
  • Telah menggunakan terminal visual displa dan dapat mengeluarkan suara.
  • Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik ( external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter ).
  • Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.


Sejarah Komputer Generasi Keempat (1979-2000an)
Pada generasi keempat ini merupakan generasi  yang lebih kompleks dan terintegrasi  dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu generasi ketiga.

Pada generasi empat , komputer sudah mulai menggunakan chip IC, kemudian baru mulai dikembangkan lagi. Oleh perusahaan Very Large Scale Integration . Untuk Mencoba Mengerjakan Pengembangan tersebut sejak tahun 1980-an . Walhasil, Satu chip tunggal mampu menampung ribuan komponen.

Pada tahun 1970 muncul dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi  ke empat. Yang pertama penggunaan pada Large Scale Integration (LSI) yang biasa disebut dengan nama Bipolar Large Scale Integration. 

Perusahaan intel pada tahun 1970 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang sudah menggunakan chip prosesor dengan sebutan 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (kilo-hertz) dan dapat mengeksekusi hingga 60.000 per detik.

Pada tahun 1972, intel memperkenalkan mikrokomputer dengan nana 8008 yang mampu memproses 8 bit informasi hanya satu waktu. Selanjutnya di lanjut dengan mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor sebagai tujuan pertama yang berhasil di kembangkan.

Sejarah komputer pada generasi ke empat ini memiliki tampilan monitor, masih menggunakan satu warna ) green color). Komputer generasi ke empat ini di antaranya adalah apple II, PDP-11 VisiCalc, dan IBM 370, Apple I dan altair yang sudah menggunakan prosesor intel 8080, dengan sistem oprasi CP/M( Control Program For Microprocessor), dengan bahasa pemograman mircrosoft basic.

Pada komputer generasi keempat ini memiliki ciri-ciri yaitu:


  • Menggunakan LSI (Large Scale Integration).

  • Dikembangkan komputer mikro yang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

  • Komputer generasi keempat diantaranya adalah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II.


  • Sejarah Komputer Generasi Kelima ( sekarang)
    Pada generasi ke lima ini merupakan generasi pada jaman sekarang yang tengah banyak sekali dilakukan perkembangan oleh berbagai vendor elektroni. Komputer generasi kelima sering disebut dengan komputer generasi masa depan.

    Pada perkembangan selanjutnya sudah banyak perubahan besar terjadi  semenjak IBM-PC memperkenalkan dan para manufaktur pc-compatible lainnya melakukan perkembangan.

    Perkembangan yang sudah dapat di lihat oleh perusahaan-perusahaan besar seperti intel dan microsoft yang dipelopori oleh W.Bill  Gates yang saat ini menjadi  standar hardware dan sofware dunia.

    Diantara bukti buktinya adalah munculnya smartphone, tablet,phablet,netbook,ultrabook dan banyak lagi, Penemuan-penemuan terbaru pada saat ini yang bisa di temui.  Sejarah komputer dengan perkembangan pada generasi kelima ini merupakan komputer, yang kita gunakan pada sekarang ini. Generasi ini di tandai munculnya. LSI yang merupakan pemadatan ribuan microcessor di dalam sebuah microprocesor pada saat ini.
    Pada tahun 2001 intel telah berhasil melncurkan prosesor itanium ,merupakan prosesor dengna basis arsitektur 64 bit )IA-64) pertama dari produk intel.

    Itanium ini merupakan prosesor eprtama yang dimiliki intel dengan instruksi 64 bit dan akan mengeluarkan satu generasi terbaru mulai dari sistem operasi dan aplikasi , sementara itu produk intel masih mempertahankan backward compatibility dengan sofware 32 bit.

    Generasi ke lima ini sudah dilakukan upaya banyak dalam pengembangan yang dinamakan josephson junction, teknologi yang dapat menggantikan chip. Yang dapat mempunyai kinerja kemampuan memproses triyunan pengoperasi perdetik, sementara teknologi chip hanya bisa memproses miliaran operasi dalam perdetik.

    Pada komputer generasi ke lima ini  memiliki ciri-ciri yaitu:
    • Masih menggunakan teknologi LSI, yang tentu saja memiliki pengembangan.
    • Fitur-Fitur yang semakin banyak.
    • Pemrosesan informasi yang jauh lebih cepat.

    Sekian penjelasan sejarah mengenai komputer dari jaman pertama hingga jaman sekarang. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi penting bagi para pembaca.

    Comments

    Popular Posts