Jenis Jenis Komputer Berserta Manfaatnya

Pada jaman sekarang komputer sudah menjadi salah satu jenis perangkat atau sebuah alat yang di butuhkan oleh masyarakat. Mulai dari penggunaan dengan fungsi sesuai kebutuhan, ataupun pekerjaan yang hanya sebagai hiburan saja. Jenis jenis komputer juga sudah semakin banyak perbedaan sesuai dengan kriteria tertentu. Komputer itu sendiri merupakan bahasa yang berasa dari bahasa latih "computare" nama to compute yang memiliki sebuah artian menghitung.

Untuk lebih jelasnya, pada berikut ini akan di jelaskan beberapa jenis jenis komputer yang ada di dunia. Berikut penjelasannya :

  • Personal Computer (PC)

Personal computer ini atau biasa di sebut PC merupakan sebuah komputer yang sering digunakan untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan seseorang. Komputer pada jenis ini biasanya diletakan pada tas meja dan juga perangkat perangkat lainnya seperti monitor, mouse,dan keyboard. Pada biasanya CPU diletakan di bawah meja namun terkadang semua perangkat diletakan di atas meja. Jenis komputer ini untuk CPU dengan monitor terpisah. Jenis ini sudah pasti semua orang mengetahui karena seluruh dunia pastinya menggunakan perangkat komputer  ini.
  • Laptop

Laptop merupakan komputer yang berbasis portable yang berukuran relatif kecil dan ringan yang menggunakan baterai sebagai sumber daya , baterai ini dapat di cas apabila baterai sudah mulai melemah. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan antara 1-6 jam sebelum batre down, Tergantung pemakaian anda , speksifikasi ,dan ukuran baterai pada laptop. Laptop ini hampir sama dengan personal komputer pada umumnya. Hanya saja komponen laptop ini lebih kecil dan dapat di bawa kemana saja. Karena, dengan kondisi yang tidak berat, tidak panas dan lebih menghemat daya
  • .Desknote

Desknote adalah merupakan jenis jenis komputer yang langkah. Karena, portable ini memiliki perbedaan dari komputer pada biasanya. Karena , komputer ini hanya saja lebih kecil dan tidak menggunakan baterai. Sumber daya yang digunakan berasal dari listrik secara langsung yang ada bisanya menggunakan terminal dan colokan listrik. Komputer ini biasanya disebut sebagai komputer desknote versi kecil yang dapat di bawa  dan di pindahkan. Fungsi dari desknote ini sama psepertinya komputer pada biasanya.
  • Notebook

Notebook ini merupakan sebuah perkembangan teknologi dari laptop dengan ukuran yang lebih kecil dari laptop. Notebook ini memiliki ukurang yang lebih tipis mirip seperti buku kecil. Laptop dan notebook ini mempunyai bentuk yang hampir sama , untuk note biasanya mempunya layat 10 in kebawah.
  • Netbook

Netbook ini hampir sama juga dengan notebook hanya saja ukuran lebih kecil lagi dan spesifikasi hardware yang lebih rendah dari notebook. Pada netbook ini ada beberapa fitur yang dihilangkan dengan bertujuan memperkecil ukuran , sehingga untuk harga netbook pun lebih murah di bandingkan dengan notebook.
  • Subnotebook

Jenis subnotebook ini merupakan notebook dengan versi mininya. Dikarenan dengan ukuran yang lebih kecil lagi dari note book dan netbook. Subnotebook ini mempunyai processor yang kecepatan yang cukup lebih rendah dari notebook dan netbook. Kapasistas hardish  dan memory yang digunakan kecil. Bertujuan untuk menghemat penggunaan tenaga baterai yang berukuran kecil.

Perbedaan subnotebook dengan notebook dan netbook adalah tidak ada optical drive (cd/DVD writer) di karenakan dengan ukuran yang kecil tidak memungkinkan penempatan optical drive. Untuk dapat menggunakan optical drive, pemakaian sub notebook mempunyai opsi.
  • Palmtop

Palmtop ini merupakan jenis jenis komputer yang menjadi teknologi nano komputer yang di ciptakan karena semakin berkembangnya jaman. Palmtop ini memikiki ukuran yang kecil dan berukuran sebesar telapak tangan sehingga di juluki lah palmtop. Betuk palmtop ini menyerupai seperti handphone yang dimana lebih praktis dan muda dibawa kemana-mana untuk berinternet dan kebutuhan mengirim serta menerima email. Palmtop ini berfungsi sebagai komputer pribadi yang dapat di genggam. 
  • Pc Tablet

PC Tablet biasanya di gunakan hanya oleh kalangan orang tertentu saja karena kegunaan PC Tablet ini untuk pekerjaan  penting. PC Tablet ini memiliki sepertinya pencil yang bernama stylus yang digunakan untuk menulis di monitor laptop/notebook dimana monitor ini bisa di putar dan dilipat layaknya kita menulis di atas kertas.
  • Rugged laptop

Laptop ini dikhususkan untuk kondisi extream seperti tempat yang penuh goncangan atau berpotensi terhadap benturan, gentaran dan air serta cuaca yang tidak mendukung untuk penggunaan PC biasa. Harganya paling mahal, dan PC ini biasanya digunakan oleh pelaut, penyelam , militer dan pekerjaan yang melakukan pekerjaan di lapangan dengan kondisi goncangan serta kelembaban yang extream.
  • Server

Server merupakan komputer fisik yang didesain untuk menangani satu service atau lebih yang diminta oleh pogram aktif di komputer lain dalam satu jaringan. Untuk menangani tugas yang berat seperti itu maka wajar apabilah server memiliki prosesor yang sangat besar, memory yang tingga serta juga hard drives dengan kapasitas lebih besar. Pada tahun 2010, server disebut menghabiskan 2,5 dari total konsumsi  enery di negara amerika dengan sebagian besar konsumsi dihabiskan oleh system pendingin server.

Itu merupakan penejelasan dari jenis jenis komputer dengna tenologi dan kegunaan masing masing. Semoga artikel ini memberikan informasi penting bagi para pembaca.

Comments

Popular Posts