Jenis Komponen Komputer Yang Perlu Diketahui



Secara umum komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang digunakan sebagai  pengelolah data dengan prosedur yang telah dirumuskan pada sebelumnya, sehingga menghasilkan informasi berdasarkan data dan pogram yang ada. Definisi komputer menjadi sebuah alat elektrinik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen komputer yang terhubung sehingga membentu suatu sistem kerja. Sistem kerja itu sendiri pada komputer dapat di lakukan pengerjaan secara otomatis pada berdasarkan pogram yang diperintahkan kepadanya sehingga mampu menghasilkan informasi berdasarkan data dan pogram yang sudah ada.

Jenis-jenis hardware pada komponen komputer tidak hanya tertuju pada bagian dalam komputer saja, tetapi melainkan  semua perangkat yang mendukung kinerja komputer. Pada umumnya harware pada komputer terbagi menjadi empat bagian, yaitu perangkat masukan (input), perangkat keluaran(output), perangat pengelola data (prosesor ) , dan perangkat aksesoris.

Perangkat masukan menjadi fungsi sebagai menginput data agar dapat masuk ke dalam komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk di antaranya mouse,keyboard,scanner,dan webcam. Data yang masuk melalui perangkat keras , kemudian diolah dengan perangkat pengola data, seperti cpu dan processor yang didukung oleh motherboard. Setelah selesai di olah maka komputer akan memberikan hasil keluaran pada perangkat kertas output  pada monitor,speaker dan printer sesuai apa yang diperintahkan. Dan perangkat input atau output pada processor masih banyak lagi lainnya perangkat aksesoris yang melengkapi pada komponen komputer. Pada berikut ini akan di jelaskan beberapa jenis komponen komputer yang ada yang perlu anda ketahui. Berikut penjelasannya :

Macam Macam Komponen Komputer
  • Casing CPU 
Casing cpu memiliki bahan dari plastik dan juga ada yang terbuat dari besi,stainless, dan sebagainya. Casing ini berguna untuk melindungi berbagai komponen-komponen yang terdapat dalam CPU, Pastinya untuk lebih menghindari dari debu,panas,air,atau hal-hal lain yang dapat merusak kinerja pada cpu itu sendiri.
  • Motherboard
Motherboard merupakan sebuah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik dan komputer lainnya yang dipasang dan terhubung satu dengan lainnya. Adapun juga komponen yang menjadi bagian inti dalam motherboard ini adalah processor,sound card, video card, hard disl, dan lain sebagainya. Motherboard ini berfungsi sebagai media penghubung yang bertujuan dapat saling berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya. Motherboard memiliki acuan spesifikasi yang berbeda-beda. Misalkan, spesifikasi processor seperti apa yang tertanam dan didukung motherboard itu. Dan seberapa besar kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard itu sendiri. Motherboard tidak semuanya bisa menyatu dengan semua komponen, hana komponen tertentu saja yang bisa mendukung dan terbaca pada motherboard.
  • Processor


Processor merupakan salah satu komponen inti yang terdapat pada dalam CPU komputer. Jika di dalam komputer tidak terdapat processor, kemungkinan besar perangkat komputer tidak dapat berjalan sama sekali. Karena processor merupakan sebuah otak pada sebuah komputer. Semua proses maupun perintah akan dikerjakan pada processor meskipun masih dengan bantuan komponen-komponen lainnya. Maka demikian , Semakin tinggi kecepatan suatu processor, maka semakin cepat pula pengerjaan dan proces dalam berbagai macam data.

  • Heatsink
Komponen heatsink ini merupakan salah satu perangkat yang dipekerjakan untuk membantu kineja pada processor yang berguna sebagai pendingin dan menjaga agar suhu pada processor pun tetap dingin dan tetap stabil. Hal ini bertujuan agar perangkat processor komputer kita tidak cepat overhead yang dapat membuat kerusakan nantinya.
  • RAM

Ram ( random access memory ) merupakan satu komponen yang terdapat pada unit CPU yang dimana memiliki kedudukan penting bagi perangkat komputer. Komponen satu ini bekerja sebagai tempat menampung data sementara yang telah diproses processor sebelum melanjutkan kepada komponen lainnya. Ram ini dapat diganti dengan ukuran kapasitas yang lebih besar ataupun pecil, namun hal ini juga harus menurut maksimal RAM yang terdukung pada motherboard anda nantinya. Sebesar kapasitas memory RAM anda , jika hal itu tidak terdukung oleh motherboard, maka bisa mengakibatkan tidak terbaca oleh perangkat komputer.

  • Hardisk (HDD)
Komponen komputer hardisk ini merupakan sebuah  layaknya SD card dalam smartphone anda biasanya, tetapi hardish ini memiliki fungsi yang sama yang berujuan untuk menyimpan berbagai data dan juga menyimpan berbagai sistem operasi dari suatu perangkat komputer itu sendiri. Hardisk biasanya menggunakan perhitungan byte. Dan semakin besar kapasitas hardisk , semakin banyak pula data konvensional yang dapat anda simpan. Untuk ukuran kapasitas hardisk memiliki banyak macam variasi mulai dari 250 GB, 500 GB, 1TB,hingga 3TB.
  • Optical drive
Optical drive ini pada biasanya orang menyebutnya CD/DVD yang di piranti untuk di gunakan menulis atau membaca kaset  pada kepingan CD/DVD. Selain itu, CD/DVD ROM ini juga dapat digunakan untuk memburning atau mengcopy CD dengan menggunakan berbagai sofware seperti nero, infra recorder,dan sebagainya.
  • VGA CARD (Video Graphic Adapter )
VGA (Video Graphic Adapter ) merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat komputer. Karena komponen salah satu ini memiliki fungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor. Tanpa VGA pastinya tidak akan berfungsi secara benar dan bisa mengakbatkan blank pada komputer.
  • Sound Card
Sound card ini memiliki fungsi sebagai pengolah audio untuk perangkat komputer anda. Sound card ini berfungsi sebagai prosesor audio, yang mana dapat mengubah sinyal analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan menghasilkan audio atau suara pada sistem komputer anda.

Sound card ini juga memiliki fugnsi untuk mengontrol semua audio yang terdapat pada perangkat komputer. Tanpa perangat ini , maka bisa dipastikan komputer anda tidak akan bersuara.

  • Power Supply
Komponen power supply ini merupakan bagian dari sistem komputer dan unit CPU yang dimana berfungsi sebagai pembagi daya (sumber arus listrik) pada setiap komponen komputer. Power supply memiliki fungsi untuk merubah tegangan DC menjadi AC sebelum dialirkan ke setiap komponen-komponen komputer anda. Power supply ini memiliki tegangan daya yang berbeda beda dari 300 watt,380 watt,400 watt,450 watt,500watt,600watt,dan masih banyak lagi.

Penjelasan di atas merupakan macam macam komponen yang sangat penting dalam komputer. Karena, jika ada sala satu komponen yang tidak terpasang akan membuat komputer tidak berjalan dengan baik. Itu merupakan beberapa penjelasan  semoga artikel ini memberikan informasi penting dan berguna bagi para pembaca.

Comments

Popular Posts