Jenis Perangkat Lunak Komputer Berseta Fungsinya

Yang kita ketahui pada dunia komputer perangkat lunak  komputer merupakan sebuah bagian atau komponen pada komputer yang kita pakai sehari hari. Komponen pada perangkat lunak memiliki dua macam yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras merupakan bagian komputer yang berwujud fisik dan bisa kita sentuh dengan tangan. Sedangkan perangkat lunak adalah bagian komputer dengan wujud digital. Beberapa hail penting pada perangkat lunak akan di jelaskan pada berikut ini.

Pengertian Perangkat Lunak
Perangkat lunak pada umumnya adalah sebuah piranti atua komponen yang berasal dari komputer yang berbentuk format data, pogram dan file digital yang dimana dapat di pasang dan dibaca serta digunakan  pada komputer. Perangkat lunak komputer  di sebut dengan istilah asing yaitu software. Dengan adanya perangkat ini , anda bisa menggunakan komputer sebagaimana mestinya. Pada umumnya biasanya digunakan untuk membuat tugas sekolah, mengakses dunia internet, memutar lagu dan masih banya lagi yang bisa di lakukan pada komputer.

Perangkat lunak memiliki banyak jenis dan macamnya. Tetapi pada berikut ini akan di jelaskan beberapa perangkat lunak  komputer yang sering digunakan pada umumnya. Berikut penjelasannya:
  • Perangkat Lunak Sistem Operasi
Sistem operasi ini merupakan sistem utama pada komputer anda . Dan untuk perangkat smartphone biasa di kenal dengan android,ios,blackberry,dan berbagai macam jenis lainnya. Komputer pada biasanya kita kenal dengan windows,lnux,macintosh,dan banyak lainnya.

Perangkat lunak sistem oprasi komputer merupakan software utama yang penting dan di pasang pada komputer kita sebelum jenis-jenis perangkat lunak lainnya.
  • Perangkat Lunak Driver
Perangkat lunak driver ini merupakan perangkat lunak selanjutnya yang harus di pasangkan pada komputer anda. Berfungsi untuk pengendalian komponen atau perangkat keras yang di pasang pada komputer anda nantinya. Perangkat jenis ini diistilahkan dengan driver. Driver ini biasanya di gunakan untuk membantu perangkat keras untuk dapat berfungsi seperti  soundcard yang memiliki kegunaan untuk mengatur keluar masuknya suara pada komputer. Tanpa ada perangkat ini komputer anda  tidak akan mengeliarkan suara music. Contoh lainnya adalah printer , sebelum anda menggunakan printer pastinya anda harus melakukan instal drive printer tersebut untuk dapat menggunakannya.
  • Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi memiliki banyak jenis di antaranya perangkat lunak komputer pada biasanya di gunakan. Perangkat lunak aplikasi  merupakan perangkat memiliki fungsi selain sebagai sistem oprasi dan pengendalian. Perangkat aplikasi biasanya disebut juga dengan pogram komputer. Fungsinya sangat bermacam-macam tergantung pada jenisnya. Contoh perangkat lunak aplikasi  yang sering di gunakan adalah office , aplikasi ini sering di gunakan di perkantoran  karena sangat penting dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada dalam perusahaan.
  • Perangkat lunak multimedia
Perangkat multimedia ini merupakan aplikasi yang berfungsi untuk kebutuhan entertaiment seperti memutar file vidio, merekam suara, mengedit image (gambar) dan juga beberapa perangkat game.Perangakat ini memiliki multi fungsi yang  dibekali sebagai fungsi untuk memutar audio dan vidio. Perangkat lunak multimedia ini pun juga memiliki fungsi untuk sistem lainnya.
  • Perangkat Lunak Internet
Salah satu jenis perangkat ini dapat anda kategorikan kedalam perangkat multimedia yaitu perangkat pendukung internet. Yang dimana sebuah perangkat browser internet yang berfungsi untuk mengakses website dengan jaringan internet.
  • Perangkat Lunak Perusak
Perangkat lunak ini biasanya di gunakan untuk kesengajaan merusak dan menggangu sistem oprasi komputer sehingga mengalami error. Perangkat ini biasanya di gunakan oleh para orang tertentu yang ahli pada komputer yang bertujuan melindungi atau menyerang sebuah website penting.
  • Perangkat Lunak Antivirus
Jenis perangkat lunak ini hampir seluruh dunia menggunakannya sebagai pelindung dari virus virus yang tersebar pada dunia internet dan biasa di sebut dengan antivirus. Antivurs ini di buat sengajak sebagai pelindung dalam penyerangan virus pada setiap sofware yang ada . Antivurus pada sekarang sudah banyak macam jenisnya ada yang berbayar adapun yang gratis tergantung dengan selerah.

Perangkat lunak komputer memiliki macam jenis dan banyak kegunaan pada masing masing perangkat sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi penting bagian anda yang membutuhkan.

Comments

Popular Posts