Kenali Jenis Harddisk Berserta Fungsinya


Harddisk merupakan salah satu perangkat keras komputer dan komponen pada komputer yang berfungsi sangat penting dalam pengerjaan komputer. Harddisk ini memiliki fungsi untuk menyimpan setiap data data yang ada di komputer . Harddisk  ini sendiri berasal dari kata gabungan hard dan disc atau disk, yang artinya sebuah piringan yang keras. Piringan ini merupakan sebuah cakram yang mirip seperti cd dan piringan pada disket , yang berputar ketika bekerja. Harddisk saat ini terdiri dari berbagai macam ukuran yang kapasitasnya dinyatakan dalam bentuk byte, mulai dari ukuran megabyte hingga berkapasitas terabyte.

Harddisk ini sendiri menjadi hardware utama dalam komputer atau laptop, yang cukup penting karena menjadi salah satu langkah awal komputer atau laptop tidak melambat. Melakukan start up komputer yang cukup sensitif terhadap harddisk , karena itu maka perlunya memperhatikan hal ini. Pada umumnya harddisk dapat dibedakan berdasarkan port yang dimiliki, ukuran harddisk dan jenis harddisk itu sendiri. Harddisk pun sekarang sudah bermacam macam varian dan harganya pun berbeda. Pada berikut ini akan di jelaskan jenis jenis harddisk berserta fungsi pada setiap hardisk. Berikut penejelasannya:

Jenis Jenis Harddisk
  • Harddisk ATA/AIDE

Jenis hardisk ATA ( Advance technology attachment ) dan AIDE (enchanced integateddrive electronic ) merupakan standart baku yang digunana untuk mengkoneksikan bus. Jenis harddisk ini mampu memproces dalam pembuatan bus PCI. Salah satu keuntungan dalam penggunaan hardisk tipe ini adalah harga yang terjangkau murah. Tetapi, harus anda perhatikan bahwa harddisk jenis ini memiliki kekurangan karena harus menggunakan dua kontroler atau lebih untuk meningkatkan performa dalam proses nantinya.
  • Harddisk SCSI 

Harddisk SCSI ini hampir sama dengan jenis ATA/AIDE hanya jenis scso ini memmiliki beberapa kelebihan yang tidak di miliki ATA/AIDE. Kelebihan pada jenis harddisk ini dapat menjalankan beberapa disk drive yang aktif secara bersama. Karena Setiap disk hana akan aktif jika drive tersebut akan dgunakan untuk keperluan transfer. 
  • Hardisk RAID

Jenis harddisk ini  dikenal memiliki performa dan tenaga yang kuat dan bagus dalam penyimpanan berbagai file yang cukup besar. Harddisk ini dapat mengerjakan dengan baik walaupun komputer dipaksa untuk memacu performa tinggi. Namun belakangan ini, harga dari disk ini cenderung terus menurun. Dan mungkin akan sangat menarik jika di gunakan pada komputer anda dalam kegiatan sehari hari nantinya.
  • Harddisk SATA

Harddisk SATA ( serial advanced technology attachment ) merupakan sebuah versi interface terbaru dari ATA. Kelebihan pada jenis harddisk ini hanya menggunakan dua pertga bagian dari ATA dalam proses pengerjaan. Selain itu , hardisk ini memiliki kecepatan yang lumayan tinggi karena harddisk SATA ini mampu mengurangi latensi atau delay dalam pengerjaan.

Dalam entransfer data , jenis ini mengurutkan data secara paralel tanpa menggunakan master atau slave , sehingga kabel pada SATA ini hanya dapat di gunakan untuk satu hardisk saja.
  • Harddisk SSD

Jenis harddisk ini  merupakan kependekan dari solid state drive. SSD atau solis state drive ini menggunakan chip sebagai media penyimpanannya , sehinggal tidak lagi menggunakan piringan lagi seperti jenis harddisk lainnya  yang masih menggunakan piringan sebagai penyangga. Konsep solid state drive ini mengusungkan konsep chip storage seperti yang udah terlebih dahulu ditanamkan pada USB Flash drive , namun dengna kapasitas yang lebih besar. Harddisk SSD inin memiliki keunggulan dari kebanyakan harddisk seperti :
  • Tidak berisik , karena tidak adanya perputaran cakram di dalam SSD.
  • Lebih stabil dalam membaca dan menyalin.
  • Memiliki kecepatan membaca yang jauh lebih cepat dibandingkan harddisk konvensional lainnya.
  • Startp dan booting menjad lebih cepat.
  • Lebih tahan getaran dan lebih tahan lama.
Dengan kelebihan SSD ini pun membuat jenis harddisk ini cenderung mahal . Ukuran 128 megabyte memiliki harga yang setara dengan harddisk berkapasitas 500 gigabyet hingga 1 terabyte. Maka dari itu mengapa harga SSD bisa mahal dan masih tinggi hingga sekarang.

Dalam penjelasan jenis jenis di atas dapat di simpulkan bahwa pada setiap hardisk memiliki varian yang berbeda dan kelebihan dan kekurangan tertentu. Semoga artikel ini memberikan informasi penting bagi pada pembaca.

Comments

Popular Posts