Mengenal Sejarah Internet

Hampir semua orang sekarang sudah tidak heran mendengar istilah apa itu internet dari anak -anak hingga orang dewasa bahkan lansia sekalipun pasti sudah tak asing lagi dengan istilah itu. Pengertian internet  pun sudah bisa anda rumuskan secara sekilas. Pada keseharian pun semua aspek pekerjaan dalam kehidupan anda pun pasti mengandalkan internet.  Tapi yang harus anda ketahui bahwa internet pun mempunyai sejarah yang cukup panjang dari awal mula internet tercipta dan berkembang. Tapi sebelum menceritakan sejarah internet anda akan di jelaskan apa itu internet.

Pengertian Internet
Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektrinik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah transmission control protocol atau internet protocol suite (TCP.IP). TCP/IP ini merupakan sebuah protokol pertukaran paket yang dapat digunakan untuk seluruh orang di dunia. 

Namun pada jaringan kimunikasi ini pun sebelum terbuat pastinya mempunyai sejarah awalnya sebelum terbuat berikut penjelasannya.


Sejarah Internet

Pada tahun 1969 pada saat ini departemen pertahanan amerika, U.S.DARPA ( Defense advanced research projects agency) , memutuskan untuk mengadakan riset penelitian tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Pogram riset yang dikenal dengan nama apranet. Pada 1970 sudah lebih dari sepuluh komputer yang berhasil dihubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Keberhasilan menyambungkan antar komputer ini yang kemudian bisa membuat mereka berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Pada awal ditemukannya internet, mereka mendemonstrasikannya menggunakan sofware dan hardware berbasis UNIX, yang merupakan cikal bakal terciptanya linux.

Tujuan awal diciptakan internet oleh departemen pertahanan amerika serikat merupakan proyek militer untuk membuat sistem jaringan komputer yang terletak pada daerah-daerah vital untuk menanggulangi jika sewaktu-waktu terjadi serangan nuklir,dan untuk mengantisipasi kendala informasi yang terpusat.

Tujuan pada awalnya yang lebih jelasnya bahwa jika terjadi perang, tentara militer amerika bisa langsung bergerak untuk menghancurkan musuh.

Pada awal ditemukan internet, ARPANET hanya bisa menghubungkan 4 situs saja, yaitu stanford university of california, research institute, universit of utah, dan santa barbara yang dimana mereka membuat suatu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum di kenal oleh publik oleh ARPANET pada bulan oktober 1972.

Setelah itu proyek ini sudah mulai terkenal dan banyak dilirik oleh berbagai universitas di negara tersebut sehingga proyek yang digarap oleh ARPANET berkembang dengan pesat yang mengakibatkan ARPANET kesulitas dalam manajemennya,


Setelah internet tahun ketahun makin berkembang baru lah dimana internet pun sudah masuk ke indonesia. Sejarah internet indonesia mulai masuk pada tahun 1990 yang dimana pada saat itu jaringan internet di indonesia lebih dikenal dengan paguyuban network, yang dimana semangat kekeluargaan,gotong royong,dan kerjasama sangat hangat dan teras di antara para anggotanya. 

Pada perkembangan internet di indoensia terasa lebih komersial dan individual di sebagaian aktivitas ,dan terutama yang melibatkan perdagangan internet.

RMS Ibrahim Adisoemarta, Soryono ,Muhammad Ihsan,Putu ,Robby Soebakto ,Firman Siregan ,Adi Idrayanto dan Ono W. Purbo merupakan  beberapa nama legendaris yang tercatat dalam sejarah internet awal di indonesia di tahun 1992 sampai 1994.

Pada saat itu Robby Soebiakto menjadi koordinator ip pertama dari AMPR-net yang dimana di kenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 4.132 . sejak tahun 2000 , AMPR-net indoensia di koordinir oleh Onno W. Purbo (YCOMLC).

Pada tahun 1986-1987 yang dimana meruoakan awal perkembangan jaringan paket radio di indonesia. Robby soebiakto merupakan pionir di kalangan pelaku radio amatir indonesia yang mengaitkan jaringan amator bulletin board system (BBS) yang merupakan jaringan email store dan forware yang mengaitkan banyak "server" BBS amatir radio seluruh dunia agar E-mal dapat berjalan dengan lancar.

Comments

Popular Posts