Penjelasan Mengenai Perbedaan Laptop,Notebook,dan Netbook

Pada dunia komputer banyak sekian orang bingung bagaimana cara membedakan laptop, notebook dan netbook. Karena kegunaan pada tiga macam jenis ini hampir sama. tetapi hanya yang mempunyai perbedaan fungsi dalam penggunaan. Perbedaan laptop dan notebook sebenarnnya tidak ada bedanya hanya saja berbeda ukuran dan sistem dalam,karena notebook lebih tipis dibandingkan laptop.

Maka dari itu pada berikut ini anda akan di jelaskan mengenai perbedaan laptop,notebook,dan netbook. Berikut penjelasannya:

Penjelasan Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook



  • Laptop Dan Notebook

Jenis antara notebook  dan netbook memiliki serupa yang sama, tetapi notebook sendiri memiliki keunggulan secara spesifikasi jauh dari pada netbook. Karena notebook ini sendiri sebuh perangkat komputer protable yang pada umumnya berukuran layar kurang lebih 13.1 inchi hingga 18 inchi. Dan notebook adalah komputer protable mini hasil perkembangan dari laptop.

Laptop ini sendiri pada umumnya minimal memiliki ukuran layar 18 inchi ke atas. Karena, ukuran menjadi salah satu utama yang membedakan antara laptop dan notebook. Selain itu secara spesifikasi kedua perangkat ini, baik itu laptop maupun notebook rupanya tidak menjadi bahan acuan. Terkadang ada notebook rupanya tidak dapat menjadi bahan acuan. Karena terkadang ada notebook yang lebih bagus performanya ketimbang laptop, adapun pula sebaliknya. Jika kalau notebook dibandingkan dengan netbook secara spesifikasi tentu saja notebook lebih unggul dari segi spesifikasi dan model notebook itu sendiri.

Perbedaan laptop dan notebook ini sendiri juga memiliki perbandingan yang jauh. Pada segi ukurang yang kecil otomatis membuat perangkat notebook menjadi lebih ringan daripada laptop . Kedua pada perangkat ini sebenarnnya memiliki kisaran berat dari mulai 1kg hingga 8kg tapi itu tergantung pada ukuran,bahan,desain,dan perangkat keras yang digunakan kedua teknologi tersebut. tapi tetap saja , laptop memiliki berat lebih dari pada notebook dan tidak berlaku sebaliknya.


  • NetBook

Netbook masuk kedalam kategori peringkat terkecil , dengan konidis ringan dan murah. Netbook ini di kenal pada tahun 2007 . Karena pada saat itu Netbook merupakan perangkat komputer protable beredisi lawas. Karena netbook ini termasuk yang bisa di katanya edisi utama yang sudah lama. Nebook ini pun juga masih menggunakan sistem oprasi windows xp dan secara spesifikasi juga tidak terlalu unggul,karena umumnya hanya dibekali prosesor kelas memengah kebawah, RAM tidak juga melebihi 2 gb dan tentu kualitas grafis tidak terlalu bagus. Maka demikian netbook tidak dapat menjalankan pogram atau aplikasi yang berat dan mungkin perangakat ini lebih sering digunakan untuk keperluan secukupnya saja, seperti mengolah kata menggunakan microsoft word dan lain sebagainya yang sejenis.

Spesifikasi net book ini memiliki ukuran layar kecil sekitaran 7 hingga 13 inchi. Dan pada umumnya hanya memiliki berati antara 2 hingga 3 pon. Namum sudah dibekali beberapa fitur seperti bluetooth,wifi,lan,usb,dan lain sebagainya. Netbook ini sayangnya tidak difasilitaskan dengan DVD-ROM sehingga pengguna tidak bisa memasukan kaset atau CD/DVD.

Kesimpulan
 Dari ketiga pebedaan ini akan di perjelaskan lagi apa saja peebedaan pada ketiga jenis perangkat di atas.
  • Laptop  secara layar dan ukuran lebih besar dari notebook dan netbook, sedangkan perangakat ini pun memiliki layar 18 inchi tau lebih. Di fasilitaskan dengan DVD-ROM, spesifikasi tinggi, dapat digunakan untuk berbagai keperluan bahkan hingga mengoperasikan tugas yang berat namun hal itu kembali lagi pada besar-kecilnya harga laptop yang di beli.
  • Sementara perbedaan notebook dan netbook pun , notebook memiliki keunggulan lebih modern ketimbang netbook. Secara layar lebih besar berkisar antara 13 hingga 18 inchi. Beberapa perakat notebook memang ada yang tidak dibekali dengan DVD-ROM, tetapi sebagian perangkat lagi sudah dilengkapi dengan fasilitas ini. Spesifikasi juga ada yang bagus ada yang biasa-biasa saja, intinya tergantung dari bujet yang pengguna keluarkan. Notebook sudah dapat digunakan untuk keperluan lumayan seperti menjalankan game normal, multimedia,dan lan sebagainya. Jadi tidak hanya terkait pada aplikasi pengolah kata dan internet saja selayaknya netbook.
  • Netbook merpaan versi terkecil dari notebook maupun laptop. Secara ukuran perangkat ini di desain dengan ukuran kecil dan memiliki ukuran layar 6 sampe 16 inchi. Ditambah tidak memiliki DVD-ROM , yang berspesifikasi rendah, hingga hanya dapat digunakan untuk mengolah kata,internet, dan meuliskan email saja, atau lebih tepatnya hanya bisa digunakan untuk keperluan ringan.

Comments

Popular Posts