Fungsi Dan Pengertian Komputer Server

Komputer server pastinya  para penggiat IT sudah mengetahui  dan sering mengurusi server, tapi  mengenai server pada komputer tidak semua orang mengenal dan pastinya merasa asing dengan isitlah tersebut. Server pada komuter itu merupakan sebuah penyedia layanan bagi komputer client atau biasa disebut juga dengan induk dari komputer client.

Pengertian Komputer Server
Komputer server adalah yang dimana komputer ini menyediakan layanan bagi komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya. Seperti hak akset internet,memori yang lebih besar, harddisk berkapasitas tinggi, printer yang dapat digunakan bersama-sama,dan lain-lain.

Bahkan komputer server tidak hanya digunakan dalam perusahaan saja. Instasi pemerintahan,perpustakaan kota, lingkup sekolah SD,SMP,SMA,SMK sehingga perguruan tinggi sudah menggunakan komputer server untuk menunjang kebutuhan mereka.


Fungsi Dan Kegunaan Komputer Server
Setelah anda membaca pembahasan dari pengertian kompter server pasti anda sudah pahal betul apa kegunaan dari komputer server. Kegunaan  pada komputer memiliki beberapa penjelasan apa saja fungsi dan kegunaan pada komputer server:
  • Bertanggung jawab atas melayani permintaan komputer client. Seperti meminta tambahan waktu akses internet di warnet. Menyediakan sumber daya untuk digunakan bersama baik perangkat keras atau aplikasi yang dapat digunakan oleh komputer client bersama.
  • Bertanggung jawab atas mengelola lalu lintas data.Mampu menyimpan file atau dokumen, data yang dapat dibagikan di jaringan menggunakan berbagi file.
  • Mampu mengatur hak akses pada level dalam jaringan sehingga tidak semua client dapat membuka data disimpan di komputer server. Harus menyediakan database atau aplikasi yang dapat dijalankan di semua komputer client. Komputer server harus melindungi komputer client dari malware dan virus jahat dengan memasang antivirus, antimalware, dan firewall di komputer server.

Manfaat Komputer server
Dari segi manfaat, jelas komputer server menjadi sangat dibutuhkan dan mampu menghemat biaya menjadi lebih ekonomis. Karena Dengan menggunakan komputer server  , jika anda memiliki 1 printer pada perusahaan anda  dapat di sharing ke semua pengguna lainnya sehingga 1 komputer dapat di gunakan oleh semua client di dalam jaringan. Maka mengapa manfaat komputer server sangat memberikan efek yang bagus dalam menghemat  pengeluaran perusahaan anda nantinya.

Jenis-Jenis Komputer Server
Komputer server memiliki berbagai jenis, seperti lokal server yang digunakan khusus di jaringan lokal atau hosting server yang biasanya digunakan untuk database sekolahan dan internet di lingkup sekolah.

Fungsi Komputer pada server dasarnya tetaplah sama, hanya saja mungkin penempatan dan tujuan dibuat berbeda-beda sesua dengan kebutuhan pengguna , seperti web server, database server, file server, game server, proxy server, printer server dan masih banyak lagi.
Kesimpulan
 Kegunaakn komputer server sangat lah bermanfaat bagi semua orang , karena server komputer akan membantu anda dalam mengurangin beban dalam perusahaan atua bisnis yang telah anda bangun, dan juga membantu sekolahan,dan universitas dalam memberikan bimbingan dalam penyelesaian materi pengetahuan . Semoga artikel ini membantu para pembaca nantinya.

Comments

Popular Posts