Jenis-Jenis Jaringan Komputer Yang Perlu Anda Ketahui

Seiring perkembangan komputer di dunia , sudah banyak jenis-jenis jaringan komputer dengan berbagai macam variasi. Dalam dunia komputer jaringan memiliki 2 macam adapun jaringan global maupun local, jaringan global merupakan jaringan yang dapat diakses dan digunakan oleh orang banyak, dan untuk jaringan local merupakan jaringan yang hanya dapt digunakan oleh orang di tempat terntu saja dan tidak sembarang orang bisa menggunakannya.

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua komputer atu lebih, yang diman saling berhubungan satu dengna lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagai aplikasi, data ataupun berbabagi hardware komputer.

 Istilah sebuah jaringan pada komputer bisa di artikan sebagai suatu kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer atua lebih yang saling berhubungan. Tujuan dibangunnya jaringan  pada komputer supaya data atau informasi yang dibawa oleh transmitter (pengirim) bisa sampai kepada receiver (penerima) degan tepat,cepat dan akurat.

Dengan adanya jaringan  pada komputer, penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah, Selain itu, peran dari jaringan komputer ini sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga dapat memperoleh suatu data yang relevan.

Pada berikut ini akan di jelasnkan lebih lanjut apa saja jenis-jenis jaringan  pada komputer yang perlu anda ketahui. Berikut Penjelasannya:
  • PAN (Personal Area Network)

PAN( personal area network) adalah sebuah jaringan pada komputer yang digunakan sebagai tranmisi data natara perangkat pribadi seperti komputer,tablet,smartphone,personal digital assistant (PDA), konsol video game, perangkat peripheral dan perangkat hiburan pribadi lainnya.

PAN ini sendiri dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi interpersonal), atau untuk bertujuan menghubungkan perangakt ke jaringan dengan tingkat yang lebih besar dan internet(unlink) dimana salah satu perangkat" master" dalam mengambl peran sebagai router internet.

Jaringan pada jenis ini akan memberikan fleksibilitas yang tinggi. Semisalkanya bertujuan untuk:
  • Mengirim dokumen dari laptop,tablet,atau smartphone ke printer melalui jaringan.
  • Upload foto dari smartphone ke komputer deskop anda.
  • menonton film dari layanan streaming online dengan tv anda.

  • LAN(Local Area Network)

LAN(Local Area Network) merupakan jaringan pada komputer yang menghubungkan komputer dalam area terbatas seperti rumah,sekolah,laboratorium,universitas,dan kantor yang memiliki peralatan jaringan sendiri dan interkoneksi yang dikelola secara lokal. LAN sangat bermanfaaat untuk membagi sumber daya, seperti sebuah penyimpanan data dan printer. Jaringan komputer pada jenis ini dapat dibangun dengan hardware yang relatif murah, seperti wireless access point,hub,adapter jaringan dan kabel ethernet.

Pada jaringan jenis LAN ini yang terkecl dapat terdiri dari hanya dua komputer saja, sedangkan LAN yang lebih besar dapat terdiri dari ribuan komputer. LAN biasanya menjadi bagian besar dalam mengandalkan koneksi kabel untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan, namun koneksi wireless juga dpat menjadi bagian dari LAN. Kecepatan tinggi dan biaya yang relatif rendah merupakan karakteristik jaringan jenis LAN.

LAN pada biasanya digunakan pada tempat yang dimana orang-rang harus berbagai sumber daya diantara mereka sendiri tetapi tidak dengan orang luar. Pada misalkan sebuah gedung perkantoran yang dimana semua karyawan harus dapat mengakses file pada server pusat atau dapat mencetak dokumen melalui satu atau lebih printer pusat.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan karyawan dalam mengerjakan tugas-tugas mereka, tetapi karyawan/perusahaan tentunya tidak ingin jika orang luar yang hanya kebetulan lewat juga dapat pengakses file pada server pusat atau mengirim dokumen ke printer melalui laptop atau ponsel mereka.

Pada penggunaan koneksi LAN, sepenuhnya menggunakan teknologi wireless, maka jenis jaringan in di sebut sebagai WLAN (wireless Local Area Network)
  • MAN (Metripolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan komputer yang menghubungkan para pengguna dengan sumber daya komputer pada sebuah area geografis atau area yang lebih besar dari yang tecakup oleh LAN yang luas, tetapi lebih kecil dari area yang tercakup oleh WAN ( Wide Area Network).

Hanya saja tergantung pada konfigurasi-nya, jaringan pada jenis ini dapat mencakup area mulai dari beberapa mil hingga puluhan mil. MAN ini sering digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN untuk membentuk jaringan yang lebih luas. Saat jaringan jenis ini dirancang khusus untuk sebuah universitas, maka terkadang disebut sebagai CAN ( Campus area network).
  • WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) adalah sebuah jaringan pada komputer atua jaringan telekomunikasi yang membentang di atas jarak geografis yang sangat luas, seperti seluruh negara atau seluruh dunia. Jaringan pada komputer dengan  jenis WAN ini biasanya terdiri dari beberapa jenis jaringan yang lebih kecil , seperti LAN atau MAN.

Bisnis ,pendidikan dan lembaga pendidikan menggunakan jaringan jenis WAN untk relay data antara para staf,mahasiswa,klien,pembeli dan pemasuk dari berbagai daerah. Dengan menggunakan WAN, akan memungkinkan bisnis untuk secara efektif melaksanakan fungsi harian-nya dimanapun lokasinya. Internet merupakan contoh yang paling terkenal untuk WAN publik.
  • W.LAN(wireless Local Area Network)

W.LAN ( wireless Local Are Network) merupakan jaringan nirkabel yang menjadi suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan menggunakan kabel. Saat ini jaringan tanpa kabel atau wireless sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberi kecepatan akses yang lebih cepat di bandungkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Dengan adannya jaringan wireless memudahkan penggunaan user untuk mengakses data yang diinginkan di tempat-tempat yang tidak terjangka oleh jaringan kabel, misal pada saat mobile/ berpergian.

Kesimpulan
Pada setiap jaringan yang ada memiliki fungsi dan kegunaan masing masing yang dapat digunakan dengan sesuai anda membuthkan jaringan tersebut untuk menyelesaikan dalam pekerjaan atua membantu jaringan khusus untuk perusahaan anda. Semoga artikel ini memberikan informas penting pagi para pembaca.

Comments

Popular Posts