Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

Anda pasti sudah mengetahui bahwa sistem operasi merupakan sebuah perangat lunak yang berfungsi untuk mengatur semua sumber daya yang ada dalam sebuah perangkat komputer. Peranan pada sistem operasi yang cukup penting pada komputer , menjadi sebuah sistem operasi yang wajib terpasang dengan baik pada komputer  agar dapat bekerja secara maksimal. Pada bagian hal penting pada komputer ini memiliki banyak macam sistem operasi yang mendukungnya dalam prosesnya bekerja pada komputer. Pada berikut ini akan di jelaskan macam-macam sistem operasi yang digunakan pada komputer. Berikut penjelasannya:



  • Unix

Unik ini merupakan sebuah sistem operasi komputer pertama yang perna dibuat, macam sistem operasi ini dikenal dengan sistem operasi baku yang mampu berjalan disemua jenis komputer, termasuk komputer mini. Kelebihan lain dari sistem operasi komputer yang satu ini yaitu dapat digunakan dengan baik untuk keperluan jaringan baik itu sebagai server maupun client.

  • Ms. Dos

Dos merupakan sebuah sistem operasi yang cukup tua yang juga merupakan versi terlama pada sistem operasi windows. Nama DOS sendiri merupakan kepanjangan dari disk operating system dan untuk menjalankannya agak sulit memang, sobat komputer perlu menguasai perintah-perintah command prompt agar dapat menggunakan sistem operasi yang satu ini.

  • Windows

Windows merupakan macam sistem operasi pengembangan pada oprasi DOS, karena kemudahan dari sistem operasi ini menjadikan Ms. Windows banyak digunakan oleh pengguna diseluruh dunia. Windows ini merupakan sebuah system yang hampir seluruh dunia gunakan untuk kegiatan sekolah kantor maupun kegiatan lainnya.

  • Linux

Linux merupakan  macam sistem operasi turunan dari sistem operasi unix,dan yang menarik dari sistem operasi ini memiliki sifat yang open source. Siapa pun dapat menggunakan dan mengembangkan sistem operasi ini tanpa mengeluarkan biaya sepersenpun. Hal ini menjadikan sistem operasi linx cukup populer dikalangan pengguna komputer diseluruh dunia.

  • Mac OS

Mac OS merupakan sistem operasi yang cukup ekslusif dan hanya dapat digunakan pada komputer apple. Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan sekitar tahun 1984 dan sehingga saat ini mac os menjadi salah satu sistem operasi dambaan bagi pengguna komputer.

  • Amiga OS

Sistem  ini merupakan sistem yang sudah lama ada tetapi hanya saja kurang pengguna yang mengetahui sistem tersebut. Amiga os ini merupakan sebuah sistem operasi yang khusus digunakan untuk komputer amiga,dan dari sisi user interfacenya cukup mudah untuk digunakan.

  • Be OS


Macam sistem operasi ini merupakan sebuah sistem yang dibuat oleh perusahaan B inc. Sistem operasi ini dibuat untuk digunakan pada perangkat yang dikeluarkan oleh B salah satunya adalah Be Box. Sistem Be juga terkena dengan kehandalannya, walaupun kurang populer dikalangan pengguna komputer.

  • Sun Solaris OS

Sistem operasi komputer ini cukup bnayak dikenal oleh pengguna komputer, sun solaris merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi terkenal di dnia yaitu sun microsystem. Sistem ini dikembangkan dari sistem operasi unix yang dikenal dengan kehandalannya. Sama seperti linux,sun solaris juga merupakan sistem operasi open source.

  • Chrome OS

Sistem ini tidak kalah saing dengan para rival lainnya, Google jug membuat sistem operasi andalan mereka yang diberi nama Chrome OS. Kelebihan dari sistem operasi ini adalah semua fitur didalamnya sudah berbasis cloud dan terntegrasi dengan layanan-layanan dari google. Chrome OS Merupakan pengembangan dari sistem operasi linux yang cukup populer dikalangan pengguna komputer.

Kesimpulan
Bahwa setiap macam sistem operasi yang ada  semua memiliki kegunaan dan kelebihan masing masing tergantung dari anda menggunakan sistem apa dan uktuk keperluan pekerjaan anda. Semoga artikel ini memberikan informasi penting untuk anda yang membutuhkan.

Comments

Popular Posts