Pengertian Dan Manfaat Brand Advocacy

Mengapa kalangan dunia bisnis brand advocacy merupakan hal penting yang dimana anda dapat melakukan untuk memperkuat merek bisnis anda. Tujuan pada advocay ini pun juga menjadi sebuah perencanaan yang bagus untuk anda mengembangkan bisnis. Semisalknya seperti pengembangan konten anda, sosial media, iklan, dan lain-lainnya. Tetapi dalam mendorong dan mempromosikan produk anda itu tidak cukup dan akan membuat anda menjadi frustasi, ketika anda berfikir pemasaran dan perusahaan yang sedang berkembang tidak bisa lebih menantang, ada bagian lain yang perlu anda lihat dan perhatikan lagi. Tanpa adanya strategi bermerek yang solid maka akan membuat pemasaran perusahaan anda kesulitan, Pada dasarnya bahwa aset tersembuni yang mengharapkan perhatian dan pastinya anda menginginkan brand yang anda punya banyak yang melihat dan tertarik untuk membelinya. 

Pengertian Brand Advocacy
Pengertian Brand Advocacy adalah merupakan singkatan dari BAR yang dimana digunakan sebagai pengukurang seberapa mampunya perusahaan mengubah brand awareness menjadi Brand advocacy. Dengan kata lain, bahwa berapa banyak orang yang tahu tentang sebuah produk atau merek yang pada akhirnya merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Semakin tinggi BAR, semakin bagus reputasi produk atau merek kita.

Brand Advocacy ini pun juga memiliki 4 fungsi  dalam penggunananya. Berikut penjelasannya:


  • Mendongkrak daya tarik
Pada tingkat attraction, semakin tinggi nilainya, akan membuat semakin bagus. Jika merek anda tidak atau kurang dikenal berati mereka anda kurang menarik oleh konsumen. Ini bisa dikarenakan oleh beberapa hal. Hal pertama, bisa jadi karena produk atau merek ang anda milki positioning yang jelas. 
  • Mengoptimalisasi keingintahuan
Produk yang menarik akan memunculkan keingintahuan konsumen (curiousity). Pada fase ini, peranan content marketing dalam menumbuhkan curiosity cukup besar. Content marketing ini mengacu pada produksi dan pendistribusian konten yang relevan dengan kehidupan konsumen atau bahkan konten yang terasosiasi secara kuat dengna merek tertentu. Content marketing ini bisa didongkrak melalui komunitas maupun optimalisasi media sosial untuk pemasaran. Dalam marketing empat , nol content marketing berperan besar dalam meningkatkan curiosity dari tahan appeal ke ask.
  • Memperkuat komitmen
Dalam menarik dan menyakinkan pelanggan merupakan sebuah tahap penting dalam membangun loyalitas mereka terhadap merek. Artinya, sebuah ketertarikan dan keingintahuan mereka pada sebuah mereka berlanjut pada sebuah komitmen pembelian produk terkait. Pada fase ini , konsumen merasa yakin pada pilihan produk atau merek sehingga memutuskan untuk membeli.

Keputusan pada pembelian itu harus di dukung dengan keterjangkauan pada produk tersebut. Akan terjadi permasalaha jika konsumen suda yakin pada sebuah produk tersebut yang ingin di beli, Begitu ia akan membelinya ternyata produknya tidak ada,habis maupun tak terjangkau. Sebab itu, di sini pula, pengelolaan kanal penjualan dan kekuatan tenaga penjualan menjadi penting.

Dalam integrasi kanal nline dan offline menjadi fundamental. Pelanggan bisa jadi mencari produk melalui ponsel pintar mereka dan kemudian mengecek keberadaannya di toko terdekat. Pelanggan juga diberikan pilihan untuk mebeli merereka secara online melalui e-commerce atau di toko fisik. Kanal-kanal ini berpotensi mendongkrak komitmen pelanggan untuk pembelian. Bayangkan saja, bila konsumen sudah menggebu mau membeli produk kita, tetapi di online kita tidak memiliki kanal transaksi atau kanalnya tidak berfungsi semestinya.
  • Mendongrak afinitas
Tahap pada kali ini tahapan paling kritis karena di tahap ini, pelanggan bisa terdorong melakukan advokasi pada merek atau produk kami. Secara khusus, ini terkait dengan pengalaman pelanggan setelah pembelian. Ini terkait dengan layanan pelanggan atau layanan purna jual yang disediakan oleh perusahaan.

Merek perlu membangun customer engagement dengan baik. Relasi dengan pelanggan benar-benar dijaga. di sini, perusahaan harus memperlakukan pelanggan sebagai manusia seutuhnya yang memiliki hati,perasaan, dan pikiran. Relasi merek dan pelanggan yang dibangun haruslah sejajar sebagai sahabat-bukan lagi dibawah sebagai objek atau di atas sebagai raja yang cendering harus merelasi dilandasi sebuah kejujuran , dan nilai-nilai baik lainnya.

Kesimpulan
Pada pejelasan di atas sudah di berikan informasi bahwa brand advocacy menjadi salah satu solusi penting bagi para pembisnis dalam menjalankan tanpa adanya kendala yang merumitkan. Semoga informasi pada artikel ini berguna bagi para pembaca.

Comments

Popular Posts