Pengertian Mengenai Growth Hacking

Definisi growth hacking merupakan sebuah istilah yang pertama kali di buat oleh sean ellis, CEO dan fouder dari website grwothhackers di tahun 2010. Istilah ini sendiri mencakup seluruh strategi marketing dan promosional yang hanya fokus ke grwth atau pertumbuhan. Selan itu, strategi-strategi yang dimaksud di sini adlaah strategi yang memperlihatkan hasil dengan cepat dengan pengeluaran yang minimal. Kata hacking pada growth hacking sendiri mengacu pada shortcut-shortcut yang dapat membantu mendapatkan hasil besar.

Definisi Growth hacker  yang dimana orang orang yang melakukan ekseskusi strategi growth hacking. Banyak perbedaan  dar orang marketing tradisional. Yang pada biasanya, orang marketing memiliki pandangan lebih luas dan lebih peduli dengna hal-hal sepeerti brand recognition atau publick relations. Sementara itu, Growth pada hacker ini hanya pedulu dengan strategi dan takti-taktik yang membantu meningkatkan growth atau pertumbuhan. Jika salah satu taktik marketing dirasa tidak berpotensial,  maka tidak akan ada yang peduli. Pada saat ini sudah ada banyak perusahaan yang memiliki tim growth marketer,growth engineers, dan berbagai posisi yang berhubungan dengan growth hacking.

Funnel Growth Hacking lebih fokus kepada strategi untuk membangun sebuah bisnis. Pada biasanya pengguna ini menetapkan prioritas untuk akusisi customer dan skala bisnis. Selain itu, mereka juga mengembangkan,menerapkan,dan menguji ide untuk membantu hingga mencapai tujuan yang di targetkan.

Salah satu hal penting dalam strategi marketing adalah mengukur kesuksesan. Kebanyakan growth hacker fokus ke AAARR. Ini adlaah singkatan dari lima langkah pada proses growth hacking, yaitu:
  • Acquisition

Acquistion menjad sebuah tahapan pertama yang dimana menjadi titik kontak pertama antara merek, website, atau produk anda dan pelanggan. Ini adalah langkah yang penting karena anda harus mengetahui apakah mereka akan enggan dengan bisnis anda atau tidak. Karena banyak orang ya sudah mampir pada website  anda tanpa waktu lama pastinya sudah keluar dari website anda. Anda bisa menggunakan pogram heatmap untuk melihat pola behavior pengunjung website anda. Tahan lanjutan dari acquistion adalah mendapatkan pengunjung untuk engage lebih lagi di website anda, misalnya dengan berlangganan blog, memulai trial,atau folow akun social media anda.
  • Activation

Activation merupakan sebuah langkah kedua pada growth funnel adalah activation. Langkah ini, orang-orang  sudah mulai menggunakan produk atau jasa anda. Mendapatkan  subscribers dan folowers adalah bagian dari acquisition.Mengubah pelanggan atau pengikut menjadi pelanggan adalah bagian dari aktivasi. Anda dapat memulai langkah ini dengan mengirim email ke pelanggan, mengingatkan mereka tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan. Buat email yang menarik sehingga mereka ingin mencoba produk atau layanan Anda. Pada langkah ini, pelanggan juga akan melihat nilai produk dan layanan Anda untuk menentukan apakah mereka akan terus menggunakan atau tidak.
  • Retention

Retention ini merupakan langsung anda untuk fokus menjadikan customer sebagai perioritas anda. karena mereka mencoba menggunakan produk atau layanan sekali, mereka kemudian ingin tetap menggunakan produk atau layanan Anda. Pada langkah ini, Anda harus memastikan bahwa mereka akan menggunakan produk atau layanan Anda lagi di masa depan. 
  • Referral

Referral atau word of mouth adalah merupakan satu strategi marketing terbaik, yang dimana dapat menjadi salah satu strategi terkuat untuk menarik lebih banyak pelanggan. Rujukan membantu meningkatkan pertumbuhan organik. Menjadikan pelanggan Anda pemasar untuk merek Anda adalah salah satu strategi pemasaran yang solid. Kebanyakan orang akan lebih percaya diri jika mereka mendapat saran dari teman atau keluarga dalam memilih produk atau layanan. Sekarang, ada banyak bisnis yang menawarkan kode diskon jika Anda mengundang teman Anda untuk mencoba produk bisnis atau hanya berbagi tentang produk di media sosial. Langkah ini dapat membantu meningkatkan lalu lintas situs web Anda dan jumlah pelanggan Anda.
  • Revenue

Pada sebuah tujuan sebuah bisnis adalah untuk mendapatkan revenue. Setelah anda mendapatkan customer, anda tentunya sudah bisa menghitung revenue yang anda dapat dari hasil penjualan produk atau layana anda.

Pada setiap langkah pada funnel growth hacking harus selalu dianalisa. Selain itu, anda juga perlu menguji berbagai cara meningkatkan dan mengunakan kembali strategi-strategi serta cara cara yang memiliki hasil terbaik. A/B testing adalah dimana anda dapat menemukan strategi mana yang paling efektif dan harus anda teriskan dan maksimalkan.

Kesimpulan
Pada penjelasan di atas mengenai pembahasan growth hacking  serta 6 tunnel kegunaannya. Growth hacing merupakan saebuah strategi binis yang scalable,flksible,dan efficient. Growth ini sudah membantu banyak stratup dan pemilik bisnis untum mencapai pertumbuhan yang ukup signifikan. Berikut penjelasan yang sudah di jelasnkan, semoga informasi ini berguna untuk pada pembaca dan dapat digunakan dalam menjalankan bisninya.

Comments

Popular Posts