Spesifikasi Komputer Untuk Video Editing

 Konten digital seperti infografis,foto,dan video  membutuhkan Spesifikasi komputer untuk video editing yang cukup tinggi dalam melakukan proses pengeditan. Produk multimedia semacam ini memang terasa lebih menarik dan diminati banyak kalangan, Oleh karena itu pekerjaan desain grafis/visual dan editing multimedia menjadi sebuah profesi yang sangat menjanjikan. Jika anda memiliki niat dalam bekerja pada bagian desain grafis dan editing multimedia, pastinya anda membutuhkan perangkat PC untuk mengerjakannya. Tentu saja bukan sembarang PC tapi PC yang benar-benar punya kinerja workstation tinggi. Komputer tersebut harus memiliki produktivitas tinggi agar dapat membantu produksi konten digital dengan lebih mudah. 

Aplikasi dalam pengerjaan desain visual dan editing video yang populer seperti adobe premiere, autocad,adobe photoshop, GIMP,inkscape, coreLDRAW, 3Ds max, adobe flash dan lainnya yang masih banyak lagi yang mempunyai fitur dan fungsi untuk mempermudah pengguna dalam mengkreasikan konten yang menarik.  Pada berikut ini akan di jelaskan beberapa informasi spesifikasi komputer untuk video editing. Berikut penjelasannya:



  • Prosessor dan memori
Pada spesifikasi komputer untuk video editing Prosesor dan memori menjadi hal yang terpenting yang harus di perhatikan oleh video editor. Seperti : Adobe premiere pro, avid media composer,after effects,dan program editing profesional lainnya didesain untuk bekerja menggunakan prosesor multi-core. Harus ada spacer sdari,sebab setiap core dalam prosesor memiliki tenaga untuk melakukan proses encode,render,dan export video.

Banyak core akan menentukan seberapa cekat proses editing, sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat, bahkan pada video resolusi tinggi. Makanya, alangkah baiknya menginvestasikan sebagian besar anggaran kamu untuk memilih prosesor terbaik.

Pada saat ini merek prosesor ternama di dunia ada AMD, dan intel , telah menghadirkan prosesor multi core yang dimana prosesor dengan 6 core yang menjadi spesifikasi cpu minimum yang direkomendasikan kepada anda dalam mencari spesifikasi komputer yang tangguh. Adapun pilihan terbaik yang bisa anda pilih terdiri atas AMD Ryzen series ryzen 5 atau ryen 7 dan intel generasi ke -8 coffe lake ( core i7 dan core i9)

 Untuk RAM, dalam pogram editing profesional juga membutuhkan memori yang cukup besar. Karena semakin tinggi resolusi video, semakin banyak ram yang di butuhkan. Adapun standar memori yang dipakai adalah RAM 16 GB. Jika anda mengedit video 4k atau lebih tinggi, pertimbangkan memilih ram 32 atau 64 GB.

  • SSD Dan HDD
Dalam menjalankan banya pengeditan video berat, tentu saja perlu boot drive yang cepat. Maka dari itu, hard disk berperforma tinggi seperti ssd menjadi opsi media penyimpanan utama selain HDD. Terlebih , dalam lingkungan profesional, SSD menawarkan kinerja dengan kecepatan luar biasa , sehingga memungkinkan anda dapat memutar beberapa video sekaligus atau mengolah rekaman 4K.

  • Kartu Grafis Yang Tepat
Pada bagian grafis menjadi salah satu komponen yang harus di perhatikan setelah CPU dan RAM. Meski pemilihan kartu grafis tergantung pada program editing yang anda gunakan dan jenis video yang sering anda lakukan edit.

Jika anda sering menggunakan aplikasi berbasis CAD, maka pilihan terbaiknya menggunakan kartu grafis yang standar dari pada membeli kartu grafis high-end layaknya kebutuhan gamers. Sebaliknya, jika anda menggunakan aplikasi editing membutuhkan sistem tinggi seperti davinci resolve, maka tentu diperlukan kartu grafis powerful.


  • Kualitas Layar
Kualitas pada layar  merupakan tampilan visual yang vital bagi video editor Untuk itu, pertimbangan lain yang harus diperhatikan adalah ukuran layar. Layar yang berukuran besar memungkinkan kamu lebih puas dalam bereksplorasi atau menjalankan aplikasi lebih dari satu dalam layar.


Di sisi lain, masalah resolusi layar tak bisa dikesampingkan. Penggunaan layar Full HD masih sah-sah saja untuk dipilih, sebab anda bisa menikmati visual yang lebih detail dan tajam ketika melakukan pekerjaan editing.

Kesimpulan
Spesifikasi komputer untuk video editing sangat lah penting bagi semua orang yang menggunakan dalam urusan pekerjaan maupun kepentingan lainnya. Terutama pada pekerjaan mengedit gambar maupun video. Semoga informasi artikel ini bisa membantu bagi anda yang membutuhkannya.

Comments

Post a Comment

Popular Posts