Macam-Macam Sofware Edit Video Terbaik

Anda pasti sudah tau  bahwa sofware edit video menjadi sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk membuat dan mengolah sebuah video maupun film. Untuk itu, sofware yang satu ini sering di sebut sebut sebagai sofware penting yang harus di miliki oleh pengguna pc ataupun macbook , terutama bagi para youtubers. Pada pengeditan video tidak semua sofware di pc memiliki tampilan antar muka yang ribet sehingga membuat anda pusing. Ada cukup banyak sofware edit video yang mudah digunakan untuk pemula, misalnya seperti virtual dub, dengan sistem pengeditan yang cukup gampang dan tidak susah. Tetapi anda harus mengetahui bahwa anda harus memiliki spesifikasi komputer untuk edit juga  tidak hanya sofware  pengeditan yang bagus  dalam melakukan pengeditan. Maka dari itu pada berikut ini akan di jelaskan macam-macam sofware edit video yang cukup terkenal. Berikut penjelasannya:



  • Adobe Premiere Pro

Aplikasi adobe premiere pri ini menjadi sofware edit video yang terbaik digunakan sejauh ini. Memiliki antarmuka yang cukup bagus dengan fitur lengkap, aplikasi yang dibuat oleh Adobe ini sangat cocok untuk digunakan oleh pengguna awam bagi para profesional sekalipun.

  • Sony Vegas Pro 13

Sofware sony vegas pro ini menjadi salah satu sofware yang sangat terkenal dengan editing video. Dengan menerapkan hanya beberapa efek, video yang Anda buat  akan terlihat lebih baik melalui perangkat lunak Sony ini.


Dibandingkan dengan seri pendahulunya, Sony Vegas Pro 13 memiliki banyak perbaikan, baik dari segi antarmuka dan fitur pengeditan yang benar-benar memanjakan pengguna. Namun sayangnya, Sony Vegas memiliki harga jual yang cukup mahal, yaitu di atas 600 dolar. Namun yang pasti harga jualnya sangat mahal dibandingkan dengan fitur pengeditan video canggih yang kita dapatkan.

  • AVS Video Editor

Jenis sofware ini merupakan software edit video yang cukup bagus walaupun blom terlalu di kenal oleh banyak orang. AVS Video Editor ini termasuk salah satu perangkat lunak pengeditan video terbaik yang ringan dan mudah digunakan untuk pemula. Apalagi harga jual perangkat lunak ini cukup terjangkau jika dibandingkan dengan Sony Vegas Pro 13 atau Adobe Premiere Pro.

Mengaktifkan fitur pengeditan video, ada garis waktu yang akan memisahkan pengeditan antara video, teks, efek, dan audio atau suara. Di sisi lain, Anda juga bisa melakukan pemangkasan, menggabungkan beberapa efek, dan banyak lagi.

Berbicara mengenai efeknya, perangkat lunak pengeditan video yang satu ini menawarkan sekitar 300 efek dan transisi untuk membuat video lebih menarik dan kreatif.

Dibandingkan dengan perangkat lunak serupa, AVS Video Editor menghasilkan ukuran file yang relatif kecil. Video yang akan diedit nanti dapat diambil dari beberapa sumber, yaitu komputer, hasil tangkapan dari camcorder, atau kamera digital. Sedangkan untuk hasilnya, Anda dapat menyimpannya ke berbagai format video populer, seperti .FLV, .WMV, dan .AVI.

  • Avidemux

Pada umumnya , proses penyuntingan video yang kita buat akan menghasilkan ukuran file yang cukup besar. Hal tersebut tentu menjadi kendala apabila kita menyimpan cukup banyak video yang dimana akan membuat storage menjadi membengkak. Untuk itu, avidemux hadir sebagai sofware edit video  yang bisa diandalkan  untuk melakukan kompres video.

Tetapi walaupun kompes pada video yang dihasilkan akan menjadi ukuran file yang menjadi lebih kecil, avidemux ini tentu menjaga kualitas video tanpa merusak sehingga tetap layak untuk dinikmati banyak orang.

  • Windows Movie Maker

Sofware  windows movie maker menjadi sangat cocok digunakan oleh para pemula dengan tampilan antarmuka yang tergolong simple. Terlebih fitur-fitur yang tersedia di dalamnya juga mudah untuk digunakan dalam melakukan penyuntingan video , seperti pemotongan,penggabungan, dan fitur lain yang umumnya dimiliki oleh sofware edit video.

Meskipun tidak selengkap Adobe Premiere Pro, tentu jauh lebih mudah digunakan dan dipelajari. Nah, jika Anda sudah mahir menggunakan perangkat lunak buatan Microsoft ini, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda juga mahir mengedit video dalam perangkat lunak pengeditan video terbaik seperti Sony Vegas Pro 13.


  • Corel Video Studio

Jenis sofware edit video ini menjadi salah satu sofware terbaik yang mudah dan ringan  yang cukup handal dalam menyelesaikan pengeditan video.Untuk alasan ini, Corel Video Studio memiliki segudang fitur yang tidak perlu diragukan. Dengan hanya beberapa sentuhan, Anda dapat menghasilkan video dan tayangan slide 'wow' dengan mudah dan cepat. Tetapi yang paling penting, ia memiliki antarmuka yang cukup sederhana. Dengan kata lain, perangkat lunak pengeditan video ini cocok untuk pengguna awam yang mempelajari proses pengeditan video.


  • Pinnacle studio

Sofware untuk pengedita video ini menjadi salah satu yang telah mendapatkan penghargaan emmy award untuk kategori techical achievement dan excellence video terbaik. Atas penghargaan tersebut , bisa dipastikan kalau pinnacle studio mempunyai segudang fitur yang canggih dan handal untuk melakukan edit video. Tak jarang pula pinnancle dijadikan sebagai salah satu ikon utama di dalam dunia editing video profesional , khususnya dalam menghasilkan video real-time 3D.

  • HitFilm Express

Jenis sofware ini memiliki ukurang yang tergolong cukup ringan oada sofware pengeditan, meski begitu hitfilm express memiliki kumpulan fitur yang powerfull dalam penyuntingan video dan film. Beberapa fitru handal yang ditawarkan olehnya seperti: pilihan template efek visual yang menakjubkan, mendukung anti-aliasing hingga 32x MSAA, tidur colour grading, motions grafis, dan masih banyak lagi.

  • VirtualDub

Salah satu kemampuan handal yang dimiliki oleh sofware edit video ini diantaranya seperti; splitting,extracting,dan menggabungkan file AVI tanpa re-encoding. Di sisi lain, VirtualDub memiliki kemampuan untuk melakukan zoom dengan cukup baik, mulai dari zoom-in, zoom / fokus, dan zoom-out. Jika Anda mencari perangkat lunak pengeditan video terbaik yang ringan dan mudah digunakan, mungkin VirtualDub adalah pilihan yang tepat untuk Anda gunakan.

  • iMovie

iMovie menjadi sebuah sofware pembuatan dan pengolah video yang disediakan oleh apple untuk macbook,iphone,dan ipad. Dengan sofware ini, anda bisa membuat sebuah film sederhana dengan penerapan tema film dan fitur-fitur penyuntingan video pada umumnya. iMovie ini dapat memasukkan transisi, efek suara, dan fitur-fitur canggih lainnya yang bisa kamu temukan pada contet libary. Hasil video atau film yang anda buat nantinya langsung dapat di share ke youtube,facebook,viemo, dan aplikasi media soscial lainnya.

  • VideoPad

Jenis sofware ini memiliki tampilan yang sederhana dan ukuran yang lebih relatif ringan. VoideoPad ini banyak diminati oleh para profesional editing  dan juga para pengguna  yang masih dalam tahap pembelajaran dalam penyuntingan video dasar. Meski mempunyai fitur yang lengkap, software edit video ini dapat di download secara gratis. Untuk dukungan pada sofware ini di persembahkan oleh nch sofware hampir support dengna banyak format terutama format kamera maupun handycam seperti DV dan HDV. Sementara untuk format videonya meliputi. AVI,MPEG,.MP4,dan masih banyak lainnya.

Kesimpulan
Bahwa semua sofware yang ada memiliki kelebihan dan kekurangan jadi gunakan sofware yang menurut anda bagus dan dapat melancarkan pengerjaan anda. Semoga informasi artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.

Comments

Popular Posts